Apa itu Limfoma Hodgkin?

Apa itu Limfoma Hodgkin?

Kanker dimulai ketika sel-sel mulai tumbuh di luar kendali. Sel-sel di hampir setiap bagian tubuh dapat menjadi kanker, dan kemudian dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya.  Limfoma adalah kanker yang berawal dari sel darah putih yang disebut limfosit. Ada 2 jenis utama limfoma, yaitu :

Limfoma Hodgkin (HL)

– Limfoma Non-Hodgkin (NHL)

Mereka bergerak, menyebar, dan menanggapi pengobatan secara berbeda, jadi penting bagi Anda untuk mengetahui jenis mana yang Anda miliki.

Limfoma Hodgkin adalah penyakit yang sebelumnya dikenal sebagai penyakit Hodgkin – yaitu kanker sistem limfatik, yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh Anda. Kondisi ini dapat mempengaruhi orang-orang dari segala usia, tetapi paling umum pada orang-orang berusia antara 20 dan 40 tahun dan mereka yang berusia di atas 55 tahun. Pada limfoma Hodgkin, sel-sel dalam sistem limfatik tumbuh secara abnormal dan dapat menyebar di luarnya.

Limfoma Hodgkin adalah salah satu dari dua jenis kanker sistem limfatik yang umum. Kemajuan dalam diagnosis dan pengobatan limfoma Hodgkin telah membantu memberi penderita penyakit ini kesempatan untuk pemulihan penuh. Prognosisnya terus membaik untuk orang-orang dengan limfoma Hodgkin.

Jenis – jenis Limfoma Hodgkin

Berbagai jenis Limfoma Hodgkin dapat tumbuh dan menyebar secara berbeda dan dapat diperlakukan secara berbeda. Jenis – jenis Limfoma Hodgkin adalah :

  1. Limfoma Hodgkin klasik

Limfoma Hodgkin klasik (cHL) menyumbang lebih dari 9 dalam 10 kasus limfoma Hodgkin di negara-negara maju. Sel-sel kanker dalam cHL disebut sel Reed-Sternberg. Sel-sel ini biasanya merupakan tipe limfosit B yang abnormal. Pembesaran kelenjar getah bening pada orang dengan cHL biasanya memiliki sejumlah kecil sel Reed-Sternberg dengan banyak sel imun normal di sekitarnya. Sel-sel kekebalan lainnya ini menyebabkan sebagian besar pembengkakan di kelenjar getah bening.

HL klasik memiliki 4 subtipe :

  • Sklerosis nodular Limfoma Hodgkin atau NSCHL: Ini adalah jenis penyakit Hodgkin yang paling umum di negara maju. Jumlahnya sekitar 7 dari 10 kasus. Ini paling umum pada remaja dan dewasa muda, tetapi dapat terjadi pada orang-orang dari segala usia. Ini cenderung dimulai pada kelenjar getah bening di leher atau dada.
  • Seluler campuran Limfoma Hodgkin atau MCCHL : Ini adalah tipe paling umum kedua, ditemukan pada sekitar 4 dari 10 kasus. Sebagian besar terlihat pada orang dengan infeksi HIV. Ini juga ditemukan pada anak-anak atau orang tua. Ini dapat dimulai pada kelenjar getah bening apa pun tetapi paling sering terjadi di bagian atas tubuh.
  • Limfoma Hodgkin yang kaya limfosit: Sub-tipe ini tidak umum. Biasanya terjadi di bagian atas tubuh dan jarang ditemukan di lebih dari beberapa kelenjar getah bening.
  • Limfoma Hodgkin yang terkuras limfosit: Ini adalah bentuk penyakit Hodgkin yang langka. Ini terlihat terutama pada orang tua dan orang-orang dengan infeksi HIV. Ini lebih agresif daripada tipe HL lainnya dan cenderung maju ketika pertama kali ditemukan. Ini paling sering di kelenjar getah bening di perut (perut) serta di limpa, hati, dan sumsum tulang.

Limfoma Hodgkin yang dominan limfosit (NLPHL) mendominasi sekitar 5% kasus. Sel-sel kanker dalam NLPHL adalah sel besar yang disebut sel popcorn (karena mereka terlihat seperti popcorn), yang merupakan varian dari sel Reed-Sternberg. Anda mungkin juga mendengar sel-sel ini disebut sel limfositik dan histiositik (L&H).

NLPHL biasanya dimulai pada kelenjar getah bening di leher dan di bawah lengan. Ini dapat terjadi pada orang-orang dari segala usia, dan lebih sering terjadi pada pria daripada pada wanita. Tipe HL ini cenderung tumbuh lebih lambat dan diperlakukan berbeda dari tipe klasik.